15 Januari 2009

Tanda-tanda Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan

1. Berhentinya Menstruasi
Biasanya, tanda kehamilan yang paling lazim adalah berhentinya menstruasi. Dari sisi ini, hendaknya seluruh wanita yang telah berkeluarga, memeriksakan diri kedokter atau datang kepusat layanan kesehatan jika menstruasi.

2. Mual yang disertai muntah ataupun tidak
Umumnya wanita hamil kerap terserang rasa mual dan muntah, khususnya pada hari-hari pertama masa kehamilan. Kondisi tersebut terjadi dengan sendirinya diawal masa kehamilan, dan akan hilang pada akhir bulan ketiga masa kehamilan.

3. Sering buang air kecil
Mungkin pada tiga bulan pertama, wanita hamil akan sering buang air kecil. Hal tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tanda tersebut akan muncul kembali diakhir usia kehamilan.

4. Lelah dan Capek
Biasanya tanda ini (lelah) lazim pada awal-awal kehamilan, dan tidak membutuhkan perawatan serta pengobatan khusus.

5. Merasakan gerakan janin
Umumnya, ibu hamil merasakan gerakan janin dimulai kala usia kehamilan mencapai empat bulan. Pergerakan pertama yang dirasakan oleh ibu hamil digambarkan seperti jalannya gas dari dalam usus.

6. Sensitivitas payudara
Biasanya pada awal kehamilan, payudara menjadi sangat sensitif dan perlahan-lahan akan membesar seiring dengan menuanya usia kehamilan, sehingga siap untuk menyusui.

7. Perubahan warna kulit
Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah membesar dan memekatnya (menggelapnya) warna puting susu dan lingkarannya.


Diambil dari buku
Judul : Panduan ibu muslim
Penerbit : Zahra

Tidak ada komentar: